Datos personales
Kalender
mamegoomath adalah blog pembelajaran matematika, semua tentang matematika. Dikelola oleh Amalia Ansari, Universitas Sriwijaya
Total Pageviews
- Beranda
- PMRI
- Vidio Pendekatan Konstruktivisme
- Pendekatan PMRI
- Farm Stand Math
- Faktor Persekutuan 2
- Pembelajaran PMRI -Faktor Persekutuan 2
- Pembelajaran PMRI -Faktor Persekutuan 1
- Fungsi Eksponen Dan Logaritma
- RPP Cantik
- Pendekatan konstruktivisme
- Trapesium
- Mengapa harus ada matematika? Mengapa harus belaja...
- Bangun Datar
- Analisis Varians
- Trigonometri
- Vektor
- Dimensi Tiga
- Baris dan Deret
Archive
-
▼
2017
(56)
-
▼
December 2017
(13)
- Educational Design Research-PPT
- MAKALAH DESIGN RESEARCH
- LAPORAN BEDAH JURNAL - Bagaimana Pendekatan Pendid...
- LAPORAN BEDAH JURNAL EFEKTIVITAS DARI PROBLEM BASE...
- Bedah Jurnal: Effectiveness of Problem Based Learn...
- ¬¬Desain Pembelajaran Bangun Ruang Menggunakan Mod...
- Surface Area of Three Dimensional Figures, Composi...
- Math Antics - Volume
- Bagaimana Menghitung Luas Lingkaran Bumi?
- MENEMUKAN RUMUS LUAS LINGKARAN
- Prof. Dr. Ratu Ilma Indra Putri, M.Si - Observing ...
- Trik Perkalian Cepat Mudah Matematika SD SMP SMA
- Video Pembelajaran Matematika SD - Operasi Dasar H...
- ► November 2017 (39)
- ► September 2017 (2)
- ► August 2017 (2)
-
▼
December 2017
(13)
Popular Posts
-
Matematika dipelajari di setiap jenjang pendidikan di Indonesia. Akan tetapi, masih merebak dalam benat masyarakat banyak bahwa ...
-
PPT-TK2- AC Kel 4 by Amalia An on Scribd
-
TK 2-LAPORAN BEDAH JURNAL (1) (1) by Amalia An on Scribd
-
o o o Sumber : themathtuber / / https://www.youtube.com/watch?v=ZJ-VMcbLTaU
Author Details
Blog ini merupakan blog pembelajaran matematika, semua tentang matematika, mulai dari media untuk membantu pembelajaran matematika, sial-soal, modul, perangkat pembelajaran, dan sebagainya. Dikelola oleh Amalia, mahasiswa Universitas Sriwijaya.
Contact
Contact Form
Followers
Translate
mamegoomath adalah blog pembelajaran matematika, semua tentang matematika. Dikelola oleh Amalia Ansari, Universitas Sriwijaya
Comments
Software Belajar Matematika
Aplikasi Microsoft Mathematics akan mempermudah dalam belajar matematika karena aplikasi ini mempunyai fitur terbaru yang bisa menjelaskan penyeleseian soal matematika secara detail. Pada posting artikel terbaru kali ini Kolombloggratis.Org akan searching tentang software yang dapat mermudah belajar matematika dengan versi terbaru, pelajaran matematika merupakan pelajaran yang paling disenangi tetapi banyak juga yang membenci pelajaran matematika karena sulit untuk memahaminya. denga aplikasi ini semoga dapat membantu menyeleseikan soal matematika yang dirasa sulit untuk dimengerti, bagi sobat yang tertarik silakan download file softwarenya pada link ini...Rekomedasi! software microsoft mathematics karena dapat memberikan langkah dan penjelasan dalam mengerjakan soal matematika secara detail dan dapat membuat grafik, aplikasi ini portabel dan memiliki fitur terbaru yang sangat lengkap dan menunjang cara penyelesaian soal matematika dengan baik dan benar,...
System Required Aplikasi Matematika Terbaru
System Required Aplikasi Matematika Terbaru
- Sistem operasi win dows 8, 7, xp, 2003 sp 2, 2008, vista
- Microsoft NET framework 3.5 sp 1
- Prosesor pentium 500 MHz atau setara
- 1 GHz prosesor pentium atau setara
- Memori 1 gb RAM ( minimum )
- Resolusi layar 1024 x 768 32 bit
- Video card dengan 64 mb RAM video
- Hardisk 70 mb free
Media Pembelajaran Geogebra
Hello semuanya ^^
Pada kesempatan kali ini saya akan menyajikan media pembelajaran Geogebra yang memiliki banyak peranan dalam proses pembelajaran matematika. sebelum menggunakan aplikasi ini, ada baiknya kita mengetahui apa itu geogebra?
GeoGebra adalah sebuah free educational mathematics software yang dapat melakukan operasi geometri secara dinamis, aljabar dan juga kalkulus.
Dengan menggunakan cara yang simple, kita dapat membangun sebuah titik yang berupa point, vektor, segmentasi ataupun juga garis termasuk dengan fungsinya.
Software ini juga menerima input secara langsung seperti 3x + 4y = 7 ataupun (x – 2)² + (y – 3)² = 25 termasuk juga input berupa bilangan diferensial dan juga integral.
Untuk menjalankan GeoGebra secara online dapat dilakukan dengan sangat mudah, untuk menginstall GeoGebra WebStart ataupun klik disini
Bagi pelajar
PENDEKATAN KONTEKSTUAL
PENDEKATAN KONTEKSTUAL
Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) disingkat menjadi CTL merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka (Syaiful Sagala, 2008: 87). CTL adalah suatu strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan mereka (Wina Sanjaya, 2008: 255) Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa CTL adalah pembelajaran yang dimulai dengan mengambil (mensimulasikan, menceritakan) kejadian pada dunia nyata kemudian diangkat ke dalam konsep matematika yang dibahas.
Sistem CTL adalah sebuah proses pendidikan yang bertujuan menolong para siswa melihat makna di dalam materi akademik dengan konteks dalam kehidupan keseharian mereka, yaitu dengan konteks keadaan pribadi, sosial dan budaya mereka. Untuk mencapai tujuan itu, sistem tersebut meliputi delapan komponen berikut: (1) membuat keterkaitan-keterkaitan yang bermakna, (2) melakukan pekerjaan yang berarti, (3) melakukan pembelajaran yang diatur sendiri, (4) bekerja sama, (5) berpikir kritis dan kreatif, (6) membantu individu untuk tumbuh dan berkembang, (7) mencapai standar yang tinggi, (8) menggunaan penilaian autentik (Johnson, E. B., 2009: 67).
Pendekatan Konstruktivisme
Pendekatan Konstruktivisme
Apa itu pendekatan konstruktivisme ?
Dilihat dari arti kata “construct” yaitu membentuk, artinya pendekatan konstruktivisme merupakan pembelajaran yang menekankan pada peran aktif siswa dalam membangun dan memberi makna terhadap informasi dan peristiwa yang dialami (Woolfolk 2005). Dengan kata lain , kita akan memiliki pengetahuan apabila kita terlibat aktif dalam proses belajar. Pada pendekatan konstruktivisme siswa harus menemukan sendiri dan mentransformasikan informasi yang ada , memahami dan menerapkannya, siswa juga harus mampu memecahkan masalah , menemukan, dan mengeluarkan ide-ide yang ia miliki. Pendekatan konstruktivisme merupakan suatu proses belajar mengajar dimana
Mengapa harus ada matematika? Mengapa harus belajar matematika?
Matematika dipelajari di setiap jenjang pendidikan di Indonesia. Akan tetapi, masih merebak dalam benat masyarakat banyak bahwa matematika itu sangat rumit, sulit, dan membosankan. Bahkan, saat-saat ini tidak jarang siswa memandang mata pelajaran matematika yang sulit, membosankan, membuat stress karena banyaknya angka dan rumus-sumus, abstrak dan lain sebagainya. Banyaknya gambaran negatif tersebut tentunya bukan efek dari ilmu matematika, tapi belum sepenuhnya masyarakat atupun siswa mempelajari matematika secara konprehensip dan esensial.
Akan tetapi terlepas dari pandangan negatif masyarakat awam tentang matematika, masih banyak juga pandangan masyarakat awam bahwa indikator tingkat kecerdasan siswa salah satunya adalah menguasai matematika. Sebagai contoh, ketika seorang anak mendapatkan nilai yang bagus pada mata pelajaran yang lain, tapi nilai matematikanya rendah tidak jarang orang memandangnya masih kurang kecerdasannya. Bahkan dalam sebuah tes-tes untuk emasuki dunia kerja tes psikologi salah satunya adalah tes matematika dasar.
Artinya apa, bahwa matematika dijadikan tolak ukur untuk mengukur kemampuan seseorang.
Artinya apa, bahwa matematika dijadikan tolak ukur untuk mengukur kemampuan seseorang.
Tidak jarang diantara kita yang sedang menggeleti ilmu, tanpa mengetahui hakekat dari ilmu yang kita pelajari. Akibatnya, tidak jarang kita memposikan diri kita seperti mesin yang siap mengerjakan apapun yang diperintah oleh operatornya. Kenapa seperti mesin?