Datos personales

My Photo
Amalia Anshari
Let's Change the World with Our Life ^o^
View my complete profile

Jam

Kalender

mamegoomath adalah blog pembelajaran matematika, semua tentang matematika. Dikelola oleh Amalia Ansari, Universitas Sriwijaya

Total Pageviews

Popular Posts

Author Details

Blog ini merupakan blog pembelajaran matematika, semua tentang matematika, mulai dari media untuk membantu pembelajaran matematika, sial-soal, modul, perangkat pembelajaran, dan sebagainya. Dikelola oleh Amalia, mahasiswa Universitas Sriwijaya.

Contact


Contact Form

Name

Email *

Message *

Followers

Translate

mamegoomath adalah blog pembelajaran matematika, semua tentang matematika. Dikelola oleh Amalia Ansari, Universitas Sriwijaya

Comments



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Nama Sekolah              : Harapan Bangsa
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas                           : VIII (Delapan)
Semester                      : 2 (Dua)

Standar Kompetensi  : Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
Kompetensi Dasar     : Memahami relasi dan fungsi.
Alokasi Waktu           : Jam pelajaran (6 pertemuan).

A.     Tujuan Pembelajaran
ü  Pertemuan Pertama, Kedua dan Ketiga .
·        Peserta didik dapat mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama.
·        Peserta didik dapat menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
ü  Pertemuan keempat, kelima dan keenam .
·        Peserta didik dapat menentukan panjang busur, luas juring dan tembereng.
·        Peserta didik dapat menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah.


ü  Karakter siswa yang diharapkan :
·        Disiplin ( Discipline ).
·         Rasa hormat dan perhatian ( respect ).
·        Tekun ( diligence ).
·         Tanggung jawab ( responsibility ).
  
B.      Materi Ajar   
a.             Mengenal sudut pusat dan sudut keliling.
b.            Mengenal hubungan antara busur, juring, dan sudut pusat.

C.     Metode Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian tugas.

D.          Langkah-langkah Kegiatan
         Pertemuan Pertama, Kedua dan ketiga.
Pendahuluan :
-    Apersepsi   : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
-    Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya       mempelajari materi ini.

E.     Kegiatan Inti:
v  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama, dan cara menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
Ø  Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau mempresentasikan mengenai hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama, dan cara menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.

v  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
Ø  Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
Ø  Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok.
Ø  Siswa mengerjakan beberapa soal mengenai besar sudut pusat dan sudut keliling dengan menggunakan dengan model dalam kehidupan nyata dan yang ada disekitar mereka dan dengan menentukan rumus.
Ø  Siswa dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal tersebut.
v  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
Ø  Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar, berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar, membantu menyelesaikan masalah, memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi, memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh, memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

F.     Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
ü  Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran.
ü  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
ü  Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran.
ü  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.



G.        Langkah-langkah Kegiatan
             Pertemuan keempat. Kelima  dan keenam
Pendahuluan:
o   Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
o   Memotivasi peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.

H.        Kegiatan Inti:
v  Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø  Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru mengenai cara menentukan panjang busur, luas juring dan tembereng, dan menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah.
Ø  Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara menentukan keliling dan luas lingkaran, serta panjang busur, luas juring dan temberengnya.
Ø  Materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
Ø  Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
Ø  Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya.

v  Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø  Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis.
Ø  Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek Pemahaman“ dalam buku paket mengenai penentuan panjang busur, luas juring, dan besar sudut lingkaran.
Ø  Peserta didik mengerjakan beberapa soal  dalam buku paket.
Ø  Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai penentuan jari-jari lingkaran jika diketahui besar sudut pusat dan panjang busur lingkaran, luas juring dan tembereng, dan penggunaan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah, kemudian peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
Ø  memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
Ø  memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
Ø  memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;

v  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø  Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik.
Ø  Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø  Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.

v  Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø  Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran.
Ø  Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø  Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
Ø  Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR) dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang belum terselesaikan/dibahas di kelas.

I.      Alat dan Sumber Belajar.
Sumber :
ü  Buku paket, yaitu buku Matematika  Kelas VIII Semester 2.
ü  Buku referensi lain.
Alat :
ü  Laptop
ü  LCD
ü  OHP

J.      Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian   Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Menjelaskan hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap busur yang sama
Menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur yang sama.
Menentukan panjang busur, luas juring dan luas tembereng.
Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah
Tes tertulis
Tes lisan
Tes tertulis
Isian singkat
Daftar Pertanyaan
Uraian
Jika sudut A adalah sudut pusat dan sudut B adalah sudut keliling, sebutkan hubungan antara sudut A dan sudut B jika kedua sudut itu menghadap busur yang sama.
Berapa besar sudut keliling jika menghadap diameter lingkaran?
Di dalam lingkaran dengan jari-jari 12 cm, terdapat sudut pusat yang besarnya 900 Hitunglah:
a. Panjang busur kecil
b.luas juring  kecil
Seorang anak harus minum tablet yang berbentuk lingkaran. Jika anak tersebut harus minum 1/3 tablet itu dan ternyata jari-jari tablet 0,7 cm. Berapakah luas tablet yang diminum?
Gambar di bawah ini adalah penampang pipa yang digenangi air. Diameter pipa adalah 14 cm dan panjang permukaan air pada pipa adalah 10 cm. Berapakah tinggi air dari dasar pipa dan luas penampang air itu?

10 cm


Mengetahui,
Kepala SMP Harapan Bangsa



……………………….
NIP. 131 ………

Palembang,….……….…2012
Guru Mapel Matematika.



………………………
NIP.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © All About Math - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -