Saturday 11 May 2013


Pendekatan Konstruktivisme

Apa itu pendekatan konstruktivisme ?
Dilihat dari arti kata “construct” yaitu membentuk, artinya pendekatan konstruktivisme merupakan pembelajaran yang menekankan pada peran aktif siswa dalam membangun dan memberi makna terhadap informasi dan peristiwa yang dialami (Woolfolk 2005). Dengan kata lain , kita akan memiliki pengetahuan apabila kita terlibat aktif dalam proses belajar. Pada pendekatan konstruktivisme siswa harus menemukan sendiri dan mentransformasikan informasi yang ada , memahami dan menerapkannya, siswa juga harus mampu memecahkan masalah , menemukan, dan mengeluarkan ide-ide yang ia miliki. Pendekatan konstruktivisme merupakan suatu proses belajar mengajar dimana siswa aktif secara manual, membangun pengetahuannya, yang dilandasi oleh struktur kognitif yang dimilikinya. Guru lebih berperan sebagai fasilitator dan mediator pembelajaran. Penekanan tentang belajar dan mengajar lebih berfokus terhadap suksesnya siswa mengorganisasi pengalaman mereka.
Dari pendekatan ini , ada satu hal yang penting  yaitu guru tidak hanya sekedar memberikan pengetahuan kepada siswa. Guru dapat memberi anak tangga yang bisa membawa siswa ke pemahaman yang lebih tinggi, dengan catatan siswa sendirilah yang harus berjalan pada anak tangga tersebut.
·         Prinsip-Prinsip Konstruktivisme (Suparno,1997;73)
1.      Pengetahuan dibangun oleh siswa secara aktif
2.      Penekanan dalam proses belajar terletak pada siswa
3.      Mengajar adalah membantu siswa belajar
4.      Penekanan dalam proses belajar lebih pada proses bukan pada hasil akhir
5.      Kurikulum menekankan partisipasi siswa
6.      Guru adalah fasilitator
Secara garis besar , prinsip-prinsip konstruktivisme yang diterapkan dalam belajar mengajar adalah pengetahuan yang dibangun oleh siswa sendiri tidak hanya dipindahkan dari guru ke siswa, kecuali hanya dengan keaktifan siswa itu sendiri untuk bernalar.

Untuk menambah pengetahuan anda, marilah saksikan vidio Pendekatan Pembelajaran Konstruktivisme


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

- Copyright © All About Math - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -