- Back to Home »
- RPP Cantik
Monday, 16 July 2012
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah :
Harapan Bangsa
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas :
VIII (Delapan)
Semester :
2 (Dua)

Standar Kompetensi :
Menentukan unsur, bagian lingkaran serta ukurannya.
Kompetensi Dasar : Memahami
relasi dan fungsi.
Alokasi Waktu :
Jam pelajaran (6 pertemuan).
A. Tujuan
Pembelajaran
ü Pertemuan Pertama, Kedua dan Ketiga .
·
Peserta
didik dapat mengenal hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika menghadap
busur yang sama.
·
Peserta
didik dapat menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter dan busur
yang sama.
ü Pertemuan keempat, kelima dan keenam .
·
Peserta
didik dapat menentukan panjang busur, luas juring dan tembereng.
·
Peserta
didik dapat menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring dalam
pemecahan masalah.
ü Karakter siswa yang diharapkan :
·
Disiplin (
Discipline ).
·
Rasa hormat dan perhatian ( respect ).
·
Tekun (
diligence ).
·
Tanggung jawab ( responsibility ).
B.
Materi Ajar
a.
Mengenal
sudut pusat dan sudut keliling.
b.
Mengenal
hubungan antara busur, juring, dan sudut pusat.
C. Metode
Pembelajaran
Ceramah, tanya jawab, diskusi, dan pemberian
tugas.
D.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan Pertama, Kedua dan ketiga.
Pendahuluan :
- Apersepsi : Menyampaikan tujuan pembelajaran.
- Memotivasi peserta
didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
E. Kegiatan
Inti:
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Peserta didik diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru mengenai hubungan sudut pusat dan sudut keliling
jika menghadap busur yang sama, dan cara menentukan besar sudut keliling jika
menghadap diameter dan busur yang sama.
Ø Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan
atau mempresentasikan mengenai hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika
menghadap busur yang sama, dan cara menentukan besar sudut keliling jika
menghadap diameter dan busur yang sama.
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis.
Ø Memfasilitasi siswa dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif.
Ø Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok.
Ø Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok.
Ø Siswa mengerjakan beberapa soal mengenai besar
sudut pusat dan sudut keliling dengan menggunakan dengan model dalam kehidupan
nyata dan yang ada disekitar mereka dan dengan menentukan rumus.
Ø Siswa dan guru secara bersama-sama membahas
jawaban soal tersebut.
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø Memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik.
Ø Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
Ø Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar, berfungsi sebagai
narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar, membantu
menyelesaikan masalah, memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan
pengecekan hasil eksplorasi, memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh,
memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi
aktif.
F. Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
ü Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
ü Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
ü Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran.
ü Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
G.
Langkah-langkah Kegiatan
Pertemuan keempat. Kelima
dan keenam
Pendahuluan:
o
Apersepsi :
Menyampaikan tujuan pembelajaran.
o
Memotivasi
peserta didik dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi
ini.
H. Kegiatan
Inti:
v Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
Ø Peserta didik diberikan stimulus berupa
pemberian materi oleh guru mengenai cara menentukan panjang busur, luas juring
dan tembereng, dan menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas juring
dalam pemecahan masalah.
Ø Peserta didik dan guru secara bersama-sama
membahas contoh dalam buku paket pada mengenai cara menentukan keliling dan
luas lingkaran, serta panjang busur, luas juring dan temberengnya.
Ø Materi yang akan dipelajari dengan menerapkan
prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber.
Ø Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran,
media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
Ø Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta
didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar
lainnya.
v Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Ø Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis.
Ø Peserta didik mengerjakan soal-soal dari “Cek
Pemahaman“ dalam buku paket mengenai penentuan panjang busur, luas juring, dan
besar sudut lingkaran.
Ø Peserta didik mengerjakan beberapa soal
dalam buku paket.
Ø Peserta didik mengerjakan beberapa soal dari
“Kompetensi Berkembang Melalui Latihan“ dalam buku paket mengenai penentuan
jari-jari lingkaran jika diketahui besar sudut pusat dan panjang busur
lingkaran, luas juring dan tembereng, dan penggunaan hubungan sudut pusat,
panjang busur, luas juring dalam pemecahan masalah, kemudian peserta didik dan
guru secara bersama-sama membahas beberapa jawaban soal tersebut.
Ø memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
Ø memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
Ø memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
v Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
Ø Memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta
didik.
Ø Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi
dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber.
Ø Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan.
v Kegiatan
Akhir
Dalam kegiatan penutup, guru:
Ø Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau
sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran.
Ø Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram.
Ø Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk
pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan
tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta
didik.
Ø Peserta didik diberikan pekerjaan rumah (PR)
dari soal-soal “Kompetensi Berkembang Melalui Latihan” dalam buku paket yang
belum terselesaikan/dibahas di kelas.
I. Alat
dan Sumber Belajar.
Sumber :
ü Buku paket, yaitu buku Matematika Kelas
VIII Semester 2.
ü Buku referensi lain.
Alat :
ü Laptop
ü LCD
ü OHP
J.
Penilaian Hasil Belajar
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
|
Menjelaskan hubungan sudut pusat dan sudut keliling jika
menghadap busur yang sama
Menentukan besar sudut keliling jika menghadap diameter
dan busur yang sama.
Menentukan panjang busur, luas juring dan luas tembereng.
Menggunakan hubungan sudut pusat, panjang busur, luas
juring dalam pemecahan masalah
|
Tes tertulis
Tes lisan
Tes tertulis
|
Isian singkat
Daftar Pertanyaan
Uraian
|
Jika sudut A adalah sudut pusat dan sudut B adalah sudut
keliling, sebutkan hubungan antara sudut A dan sudut B jika kedua sudut itu
menghadap busur yang sama.
Berapa besar sudut keliling jika menghadap diameter
lingkaran?
Di dalam lingkaran dengan jari-jari 12 cm, terdapat sudut
pusat yang besarnya 900 Hitunglah:
a. Panjang busur kecil
b.luas juring kecil
Seorang anak harus minum tablet yang berbentuk lingkaran.
Jika anak tersebut harus minum 1/3 tablet itu dan ternyata jari-jari tablet
0,7 cm. Berapakah luas tablet yang diminum?
Gambar di bawah ini adalah penampang pipa yang digenangi
air. Diameter pipa adalah 14 cm dan panjang permukaan air pada pipa adalah 10
cm. Berapakah tinggi air dari dasar pipa dan luas penampang air itu?
10 cm
|
Mengetahui,
Kepala SMP Harapan Bangsa
……………………….
NIP. 131 ………
|
Guru Mapel Matematika.
………………………
NIP.
|
';
(function() {
var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true;
dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js';
(document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq);
})();