Wednesday, 29 May 2013

Salah satu kegunaan internet adalah sebagai penyedia sumber belajar. Berikut ini adalah contoh Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) matematika sub-bab Lingkaran di kelas VIII SMP/MTS semester 2.



Untuk mengetahui asal-usul dan menemukan nilai p (phi), yaitu nilai dari hasil perbandingan antara panjang lintasan garis melingkar pada tempat kedudukan titik-titik yang dibentuk oleh titik pusat (keliling lingkaran) dengan panjang diameter lingkaran tersebut.

A. Standar Kompetensi 
    * Menentukan ukuran π dalam bagian lingkaran 

B. Kompetensi Dasar 
    * Menentukan nilai π agar membentuk lingkaran sempurna 

C. Indikator Pembelajaran
   * Menghitung hasil nilai dari π 
 * Menyelesaikan masalah matematika dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan lingkaran 

D. Tujuan Pembelajaran 
   * Siswa dapat menghitung nilai π agar membentuk lingkaran sempurna 
  * Siswa dapat menyelesaikan masalah
matematika dalam kehidupan sehari-hari berkaitan dengan       lingkaran

E. Metode Pembelajaran 
  * Kooperatif menggunakan internet

F. Kegiatan Pembelajaran
  * Kegiatan pembelajaran dapat  diawali dengan memanfaatkan video youtube berkaitan dengan menghitung π pada lingkaran


Berikut saya tampilkan videonya .. Enjoy ^^
 

Video tersebut berdurasi kurang lebih lima menit, memberikan ilustrasi real cara mengalikan, membagi, dan menghitung π pada lingkaran. Selain itu, di dalam video tersebut juga menjelaskan mengapa π pada lingkaran harus tepat nilainya dan sebab akibat jika nilai π pada lingkaran tidak sesuai dengan yang seharusnya.
   
Setelah mengajak siswa menonton video berkaitan dengan π pada lingkaran, guru dapat mengajak siswa bermain games dan kuis matematika berkaitan dengan lingkaran. Siswa dapat memilih games dan kuis yang diinginkan pada situs-situs berikut :
1. Gamesbox
2. Mathplayground
3. Kibagames   

Buku atau sumber belajar matematika, khususnya lingkaran ini dapat anda download dengan format PDF disini dan PPT disini :D

Setelah mempelajari materi komponen π pada lingkaran ini, siswa dapat bermain berbagai Games online yang mengandung unsur matematika. 

Berikut ini adalah daftar situs yang dapat memperkaya pemahaman siswa mengenai Phi pada Lingkaran

G. Media dan Sumber Belajar 
   * Komputer dan internet. 
   *Sumber belajar lainnya dapat ditelusuri melalui search engine di internet.
   
     Enjoyyy ^^


                                                                                Amalia Ansari
                                                                            Universitas Sriwijaya.

{ 1 comments... read them below or add one }

'; (function() { var dsq = document.createElement('script'); dsq.type = 'text/javascript'; dsq.async = true; dsq.src = '//' + disqus_shortname + '.disqus.com/embed.js'; (document.getElementsByTagName('head')[0] || document.getElementsByTagName('body')[0]).appendChild(dsq); })();

- Copyright © All About Math - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -